Pidato Penerimaan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Penyakit Dalam dan Ilmu Penyakit Jantung

Mewakili Civitas Akademika mengucapkan  Selamat atas Penerimaan Jabatan Guru Besar Fakultas Kedokteran  disampaikan kepada :

ali asparProf. Dr. dr. Ali Aspar Mappahya, Sp.PD.Sp.JP(K).,FIHA,FAsCC

Didepan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa pada hari Selasa, 9 Juni 2009 di Rektorat Universitas Hasanuddin atas penelitian  dan sumbangsih pemikirannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas , dan mandiri.

Dalam pidato yang dibawakan berjudul  ” Mengubah Gaya Hidup dalam Upaya Membangun Kehidupan yang Lebih Sehat, Bebas dari Penyakit Kardiovaskular di Tahun 2020″

memberi pengetahuan tentang Penyakit Kardiovaskular (PKV) atau umumnya disebut penyakit jantung sebagai penyebab kematian utama di dunia dan diperkirakan akan terus meningkat ditahun 2020 melebihi semua penyebab kematian dan kecacatan lainnya.

Diabetes Mellitus (DM) dan hipertensi merupakan faktor predisposisis utama. Meningkatnya kasus-kasus DM dan hipertensi didorong oleh peningkatan prevalensi populasi yang kelebihan berat dan obes yang selama dekade yang lalu merupakan masalah kesehatan yang mengancam negara berkembang.

PKV sangat kuat hubungannya dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok sampai-sampai merokok itu diharamkan karena bahaya untuk kesehatan , kurangnya aktivitas fisik,diet/nutrisi yang tidak sehat,obesitas dan faktor psikososial memainkan peranan penting untuk terjadinya PKV pada populasi dan memberi konstribusi terhadap faktor-faktor risiko koroner lainnya. Dengan mengubah gaya hidup maka beberapa faktor risiko PKV tertentu dapat di modifikasi dengan memperlambat baik sebelum maupun sesudah terjadinya serangan penyakit. Sehubungan dengan upaya pencegahannya  diadakan dengan pendekatan  pencegahan primer maupun pencegahan sekunder.

Dari hasil penelitian ini diharapkan Para dokter terutama dokter ahli jantung dan pembuluh darah mempunyai peran sentral untuk menentukan dalam memotivasi penderita maupun konsumen untuk melibatkan diri  melakukan gaya hidup sehat begitu mereka menyandang satu atau beberapa faktor risiko koroner maupun yang telah menderita PKV.Diharapkan tentunya SDM jebolan institusi siap terjun kemasyarakat dengan penguasaan ilmu dan tekhnologi,tidak hanya bergelut dibidang kuratif yang menggunakan sarana canggih dan mahal,tetapi juga berkiprah dibidang promotif dan preventif untuk bisa hidup sehat bebas dari penyakit jantung.

Ketua Bagian Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin yang sangat berhasrat untuk suatu perubahan dalam  memperbaiki kesehatan dan menuju hidup lebih sehat walaupun dalam dunia pendidikannya diakui penuh warna keterlambatan,Suami  dari dr. Norma Rahman dan juga seorang bapak dari lima orang putera-puterinya tidak patah semangat untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan.

Harapan anak seorang pendidik yang disiplin , mengajarkan cara belajar secara formal dan informal, beragama yang patuh menjadikannya sebagai pendidik yang kompeten  dan  mempunyai daya saing dalam berkompetisi dalam masyarakat global,dalam memberikan pengajaran dan pelayanan yang prima kepada mahasiswa.

Sekali lagi selamat dan sukses .

Check Also

Interpol Expert Delivers Forensics Public Lecture at FK UNHAS

The Department of Forensics and Medicolegal, Faculty of Medicine, held an International public lecture on ...

“Brunch Talk” Faculty of Medicine Hasanuddin University

Makassar, Tuesday, August 11st, 2020, at the 8th floor Lounge of the Rectorate Building Hasanuddin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *