Prodi Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi FK Unhas Jalani Proses Assesmen LAMPT-Kes

6
« of 6 »

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin. Acara pembukaan visitasi berlangsung pukul 08.00 Wita di Lantai 2 Ruang Senat FK Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (01/08). Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc), Dekan FK Unhas (Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes., Sp.PD., KGH., Sp.GK.,) beserta jajarannya, Ketua Departemen serta Ketua Program Studi, dan sivitas akademika Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi FK Unhas. Adapun sebagai tim assesor LAM-PTKes yakni dr. Rudiyuwono Rahardjo, Msi.,Med.,Sp.B.,Sp.BA., dan Dr. dr. H. Muhammad Rusda, M.Ked.,Sp.OG(K).

Mengawali kegiatan, Ketua Departemen Prof. Dr. dr. Syahrul Rauf, Sp.OG(K)., memberikan penjelasan secara singkat terkait sejarah dan perkembangan program studi dalam melaksanakan pendidikan. Beliau berharap dengan pemenuhan kualifikasi dokter spesialis yang dimiliki dapat berperan dalam memenuhi standar penilaian survey akreditasi. Pada kesempatan yang sama, Dekan FK Unhas (Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes., Sp.PD., KGH., Sp.GK.,) dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada tim asesor yang telah hadir melakukan asesmen lapangan secara luring di Unhas. Beliau menuturkan Prodi Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi FK Unhas adalah prodi yang memiliki jumlah peminat terbanyak.

“Melalui keterlibatan dalam akreditasi ini, kami tentu sangat berharap dapat mencapai penilaian unggul secara optimal sebagai peningkatan kualitas prodi dalam memenuhi standar mutu pendidikan untuk menghasilkan luaran atau alumni yang profesional,” Jelas Prof. Haerani. Mewakili tim asesor, Dr. dr. H. Muhammad Rusda, M.Ked.,Sp.OG(K)., menyampaikan bahwa visitasi asesmen dilakukan secara langsung guna memaksimalkan penilaian terhadap data yang telah disampaikan dalam dokumen akreditasi berdasarkan standar kriteria yang ditetapkan. “Perguruan tinggi didorong untuk meningkatkan kualitas pendidikannya agar mampu bersaing pada tataran global. Untuk itu kami datang untuk melihat dan menyaksikan apa yang terlihat di lapangan, karena tidak semua bisa kita sampaikan dalam tulisan, sehingga kita berharap dapat menemukan hasil yang lebih baik dan terbaik,” jelas , Dr. dr. H. Muhammad Rusda.

Pelaksanaan asesmen lapangan, secara resmi dibuka oleh Rektor Unhas Prof. JJ. Dalam sambutannya menyambut tim asesor, beliau menyampaikan apresiasi atas kesiapan prodi dan berharap proses akreditasi dapat berjalan lancar dengan mendapatkan penilaian yang maksimal sesuai dengan tujuan dan visi misi bersama. “Tujuan asesmen ini adalah untuk berdiskusi beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan dan berkesempatan untuk diperbaiki, guna mengoptimalkan dan memaksimalkan pelayanan pendidikan dan kesehatan dalam berkomitmen memberikan pelayanan terbaik di masyarakat melalui kualifikasi dokter spesialis yang unggul dan profesional,” jelas Prof. JJ.

Pembukaan Visitasi LAM-PTKes di FK Unhas berlangsung hingga pukul 09.30 Wita. Selanjutnya, para asesor melaksanakan peninjauan lapangan ke Prodi Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi FK Unhas untuk melakukan wawancara, penilaian dokumen, dan kesiapan sarana dan prasarana.

Check Also

Turut Berduka Cita

Gerakan Unhas Mengkaji dan Sholat Berjamaah Host oleh Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Makassar 27 September bertempat di Mesjid Al ‘Aafiyah Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Lantai II diselenggarakan ...