Prodi Psikologi FK Unhas Gelar Semiloka Pendidikan dan Layanan Psikologi

Dalam rangka memperingati HUT ke-11 Program Studi (Program Studi) Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK UNHAS), Psikologi FK Unhas mengadakan berbagai rangkaian kegiatan dengan tema umum “Refleksi 11 Tahun Pendidikan Psikologi FK Unhas: Transformasi Menuju Pendidikan yang Unggul”. Rangkaian kegiatan diawali dengan Sepsy Fair (Scientific Entertaining PsychologyFair 2022) yang merupakan ajang perlombaan bagi civitas academica psikologi FK Unhas. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Prof. Amiruddin FK Unhas pada Sabtu (5/11) lalu ini meliputi perlombaan berupa performance, estafet blind make-up, dan jalan santai antar Dosen Pembimbing Akademik (PA). Sepsy Fair ini berlangsung meriah dengan selingan makan bersama menu yang sebelumnya telah disiapkan masing-masing PA. Esoknya, diadakan Psy-Share yang bertepatan dengan berlangsungnya Car free day di Jl. Jenderal Sudirman Makassar, Minggu (6/11). Kegiatan ini diawali dengan agenda senam bersama oleh civitas akademika bersama masyarakat yang kemudian dilanjutkan dengan ngobrol bersama psikolog (face to face). Selain itu, Kegiatan di hari Minggu (6/11) ini pun dilakukan dengan pembagian leaflet kesehatan mental kepada masyarakat.

Selanjutnya, melalui kegiatan lain Semiloka (Seminar dan Lokakarya) yang kembali digelar di Auditorium Prof. Amiruddin FK Unhas dan Mini Auditorium Prodi Doktor Ilmu Kedokteran FK Unhas mengusung persiapan Pendidikan Profesi Psikologi Berdasarkan Undang-undang No 23 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi. Kegiatan bertajuk “Peluang dan Tantangan Penerapan Undang-Undang Pendidikan dan Layanan Psikologi” ini berlangsung pada Sabtu-Minggu (12-13/11) dengan menghadirkan berbagai tokoh, diantaranya Prof. Dr. Seger Handoyo, Psikolog dari HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia), Zahrotur Rusyda Hinduan, MOP., Ph.D., Psikolog dari AP2TPI (Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia), dan Dr. dr. A. Muh Takdir Musba, Sp.An., KMN-FIPM dari Fakultas Kedokteran Unhas sebagai narasumber pada kegiatan seminar. Sedangkan, pada kegiatan lokakarya turut hadir Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K); Zahrotur Rusyda Hinduan, MOP., Ph.D., Psikolog; dan Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D sebagai narasumber.

Dalam kesempatannya, Ketua Prodi Psikologi FK Unhas,  Dr. Ichlas Nanang Afandi, S.Psi., MA. menjelaskan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini diharapkan selain sebagai wadah transformasi menuju pendidikan yang unggul di 11 tahun berdirinya Prodi Psikologi FK Unhas, namun juga sebagai fasilitas untuk lebih mempersiapkan diri dengan adanya undang-undang terbaru mengenai pendidikan dan layanan psikologi yang sedang hangat diperbincangkan. “Selain sebagai wadah transformasi menuju pendidikan yang unggul di 11 tahun berdirinya Prodi Psikologi FK Unhas, namun juga (diharap) sebagai fasilitas untuk lebih mempersiapkan diri dengan adanya undang-undang terbaru mengenai pendidikan dan layanan psikologi yang sedang hangat diperbincangkan,” ungkap Dr Ichlas.

Check Also

Fakultas Kedokteran Unhas Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Mewakili Indonesia Dalam General Meeting CALOHEA Bangkok

  Acara general meeting ini berlangsung pada 21 – 23 November 2022 di University of ...