Rotasi

Sistem Rotasi

Rotasi kepaniteraan klinik merupakan pengaturan proses pembelajaran PSPD yang berlangsung di rumah sakit, puskesmas, dan instansi lain yang terkait.Pada bulan Januari 2016, perubahan pada sistem rotasi PSPD Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin telah diputuskan.

Perubahan sistem ini dilatarbelakangi oleh masa pendidikan yang memanjang sehingga angka kelulusan setiap tahunnya menurun dan keaktifan mahasiswa sulit dipantau. Hal ini disebabkan karena pada sistem rotasi sebelumnya mahasiswa yang bersangkutan memilih sendiri departemen serta waktu stase sehingga menyebabkan tidak meratanya penyebaran mahasiswa di setiap departemen dan tidak terpantaunya keberadaan mahasiswa.

Pada sistem yang baru ini, rotasi stase dan pengelompokan mahasiswa telah diatur oleh Divisi Sistem Rotasi PSPD. Selain itu, dengan adanya Sistem Informasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (SIMPPD) yang berbasis web, mahasiswa bisa mengakses informasi mengenai kelompok rotasi, tanggal stase di masing-masing departemen, tanggal perkiraan kenaikan tingkat, bahkan tanggal selesainya, serta memudahkan mahasiswa untuk melihat dan mencetak kartu hasil studinya.

 

Penerapan Sistem Rotasi Baru

Pelaksanaan sistem rotasi yang telah diperbaharui nyatanya dapat memberi keuntungan bagi mahasiswa seperti kemudahan mengakses nilai melaui SIMPPD, dapat menghindari turun minggu dengan jadwal yang lebih jelas dan teratur, serta mahasiswa dapat secara langsung berinteraksi dengan tenaga pengajar yang profesional.

Perubahan tersebut juga memberikan kemudahan bagi Prodi Profesi dalam mengkoordinir sirkulasi mahasiswa kepaniteraan klinik secara umum serta registrasi dan verifikasi mahasiswa yang akan mengikuti ujian komprehensif.

Meskipun demikian, sistem rotasi PSPD yang baru ini masih memungkinkan mahasiswa menumpuk pada beberapa departemen sehingga terkadang mengurangi efisiensi beberapa metode pembelajaran seperti diskusi, dan demonstrasi serta praktek. Oleh karena itu, pihak Prodi Profesi memberi tanggung jawab penuh kepada setiap departemen untuk mengatur waktu stase, rancangan pembelajaran dan jadwal kegiatan, serta metode pembelajaran.

 

rotasi

rotasi 2

Selengkapnya…

rotasi