Tentang Kami

Program Studi Profesi Dokter (PSPD) merupakan tahap profesi pada pendidikan kedokteran yang dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran klinik dan pembelajaran komunitas dengan berbagai tingkat dan bentuk pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk memenuhi kompetensi mahasiswa sebelum dinyatakan sebagai dokter. Program Profesi Dokter yang dilaksanakan selama empat semester ini merupakan program lanjutan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan program sarjana pendidikan kedokteran. Selain itu, Mahasiswa Program Profesi Dokter (MPPD) harus menyelesaikan kewajiban administrasi di Program Pendidikan  S1 Kedokteran tahap profesi.

 Pengelolaan Program Pendidikan Profesi Dokter

Tim pengelola PSPD FK UNHAS diangkat oleh dekan berdasarkan surat keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

Saat ini tim terdiri atas Ketua, Sekretaris, Divisi Assesment, Divisi Sistem Rotasi, Divisi Pendidikan, Divisi Monitoring dan Evaluasi, serta para Koordinator Pendidikan Mahasiswa dari masing-masing departemen.

Divisi Assesment bertugas menyusun jadwal dan pelaksanaan ujian komprehensif dan ujian akhir PSPD FK UNHAS, dan mengusulkan proses pembuatan soal sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI).Divisi Sistem Rotasi yang bertugas mengatur rotasi stase dan pengelompokan mahasiswa, dan memantau keaktifan mahasiswa PSPD tersebut.

Pemantauan proses pendidikan dan kemajuan hasil studi pada MPPD, pengusulan perkembangan sistem PSPD,  pengaturan jadwal untuk peserta didik PSPD yang ingin melaksanakan bimbingan untuk persiapan Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) menjadi tanggung jawab dari Divisi Pendidikan.

Adapun yang bertugas untuk mengevaluasi dan me-monitoring proses pembelajaran yang berlangsung pada PSPD, serta menindaklanjuti jika terdapat masalah yang terjadi pada PPPD tersebut adalah Divisi Monitoring dan Evaluasi.

Tujuan Pendidikan Profesi

Proses pembelajaran mahasiswa pada tahap profesi didasari oleh kompetensi sesuai dengan yang tercantum di Standar Kompetensi Dokter Indonesia yang ditetapkan oleh KKI.  Pendidikan Profesi  bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memahami teori, melatih ketrampilan klinik dan prosedur klinik serta melatih 7 area kompetensi dokter.  Dengan tujuan dan sistem yang telah diterapkan, diharapkan lulusan pendidikan profesi dapat menggunakan pengetahuan dan ketrampilanya di masyarakat kelak secara beretika, mampu mengelola kesehatan individu maupun masyarakat baik untuk tindakan promotive, preventif, maupun kuratif, dan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan untuk diri sendiri mau pun masyarakat.

Arah Pendidikan Proses Dokter

Pendidikan Profesi Dokter diarahkan pada hasil lulusan yang menguasai kemampuan merancang dan menganalisis serta memiliki ketrampilan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pembelajaran profesi dokter layanan primer, yang dilandasi oleh kemampuan analisis yang diperoleh dari Pendidikan Program Sarjana Kedokteran .