Pertemuan Ilmiah Respirasi Sulawesi (PINISI 2022)

The wait is over!!!

Pertemuan Ilmiah Respirasi Sulawesi (PINISI) / Celebes Annual Respiratory Meeting (CARMing) tahun 2022 has launched the 2nd-announcement. For the Symposium, Workshop and final round of PINISI QUIZ that will take place in the Claro Hotel, Makassar from *2nd to 4th September, 2022.

This year symposium entitled “The Challenge of Respiratory Problem in Post Pandemic Era” will cover the related respiratory disease topics such as Vaccine and Infection, Oncology, Asthma and COPD, Strategy of Respiratory Management post Pandemic and many more.

Furthermore, the meeting will also include Workshop on soft skills for Specialist and GP with specified topics following Oncology and Pleural Disease, Infection and Respiratory Dystress.

So, register now!

For more information please contact us:

Symposium and Workshop:
dr. Andi Nurrahma (082271158482)
Rahmat (085298717724)

Pinisi Quiz:
dr. Diana (081352841200)
dr. Pipit (087760972138)

We look forward to your participation.
Thank you and see you in Makassar !

HARI TB SEDUNIA ATAU WORLD TB DAY

24 Maret diperingati sebagai Hari TB Sedunia atau World TB Day. Hari TB Sedunia ini dijadikan momentum untuk meningkatkan kesadaran akan Tuberkulosis yang masih menjadi epidemi global. Tahun ini, World Health Organization (WHO) mengangkat tema ‘Invest to End TB, Save Lives’ untuk peringatan Hari TB sedunia 2022. Tema kali ini mengajak semua orang dari semua sektor untuk berinvestasi dan juga memberikan upaya demi mengeliminasi TB.

Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin bersama Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Cabang Sulawesi tidak ketinggalan dalam peringatan hari besar ini. Beberapa kegiatan dilakukan dalam rangka turut serta memperingati Hari TB Sedunia 2022. Salah satunya adalah penyuluhan Serentak di 7 Rumah Sakit. Ketujuh Rumah Sakit tersebut adalah RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, RSPTN Universitas Hasanuddin Makassar, Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Makassar, RS Ibnu Sina Makassar, RSUD Labuang Baji Sul-Sel, RSUD Tenriawaru Bone, dan RSUD Jaraga Sasameh Barito Kal-Teng. Penyuluhan dilaksanakan sebagai Pre-event pada tanggal 23 Maret 2022 dan dilakukan oleh PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas yang juga merupakan anggota muda PDPI.

Tak hanya itu, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Cabang Sulawesi dan Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin juga mengadakan Webinar ditanggal 24 Maret 2022 yang membahas tentang TB Dijaman Pandemi Covid 19, TB Laten, dan TB Resisten Obat. Webinar tersebut diisi oleh Dr. dr. Irawaty Djaharuddin, Sp.P(K), dr. Nurjannah Lihawa, Sp.P(K), dan Dr. dr. Jamaluddin Madolangan, Sp.P(K) sebagai pemateri dan Dr. dr. Erwin Arif, Sp.P(K), Sp.PD, K-P sebagai moderator.

Seperti yang telah diketahui, Tuberkulosis telah menjadi penyakit menular utama di Indonesia sejak lama. Namun,  Tuberkulosis belum benar-benar dikenali masyarakat. Mengacu pada Global TB Report WHO 2020, Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara dengan penderita Tuberkulosis terbanyak didunia. Tuberkulosis umumnya menyerang paru dengan gejala utama batuk lebih dari 2 minggu, batuk bercak darah, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan dan keringat malam hari. Masyarakat diimbau untuk segera memeriksakan diri jika mengalami gejala-gejala tersebut, sebab penanganan yang tepat dan cepat dapat meminimalisir komplikasi yang mungkin terjadi.

“Kami mengajak kepada masyarakat untuk peduli terhadap penyakit TB. Dengan program Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis (TOSS TB) yang dicanangkan oleh pemerintah yang memberikan pengobatan gratis bagi pasien diharapkan masyarakat tidak takut lagi berobat. TB bisa sembuh total jika menjalani pengobatan medis yang tepat. ” ujar dr. Edward Pandu, Sp.P(K) dalam video edukasi singkat tentang TB dalam rangka Hari TB Sedunia 2022.

 

Setiap detik berharga.

Investasi untuk Eliminasi TB, Selamatkan bangsa

Dukung gerakan Indonesia Bebas Tuberkulosis 2023

Paru Sehat, Selamatkan Bangsa!!!

 

PEARLS

Pada tanggal 23-24 oktober 2021 Departemen pulmonologi dan kedokteran respirasi melaksanakan kegiatan seminar PEARLS (Pulmonology Emergency and Respiratory Life Support). Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Amaris Makassar ini, bertujuan untuk meningkatkan wawasan dokter umum dalam manajemen pasien dengan kegawatan darurat di bidang respirasi.

Kegiatan ini di bagi dalam dua sesi yaitu materi simposium dan materi Hands on. Yang menarik dalam materi Hands on ini adalah, peserta secara langsung dapat melakukan tindakan seperti punksi pleura, pemasangan WSD (water sealed Drainage), terapi inhalasi dan terapi oksigen langsung dibimbing oleh supervisior pulmonologi. (Aii, Ddi)

 

Foto bersama peserta dan pemateri pearls

 

Kegiatan materi Hands On

Nahkoda baru Departemen Pulmonologi Unhas

Berdasarkan surat keputusan Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, pada bulan maret 2021, maka dengan resmi Ketua departemen dan ketua program studi Pulmonologi dan kedokteran respirasi resmi di pimpin oleh wajah baru.

ketua departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di ketuai oleh dr. Arif Santoso, Sp.P(K), Ph.D. Sedangkan ketua Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di ketuai oleh Dr. dr. Irawaty Djaharuddin, Sp.P(K)

Besar harapan menyertai pengangkatan dr. Arif Santoso, Sp.P(K), Ph.D dan Dr. dr. Irawaty Djaharuddin, Sp.P(K) dalam memimpin departemen ke arah yang lebih baik. (aii)

Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas
Ketua Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas

Memperingati Hari TB Dunia

Dalam rangka memperingati hari TB dunia yang jatuh pada tanggal 24 maret 2021. Departemen pulmonologi dan kedokteran respirasi mengadakan kunjungan pada pasien-pasien yang menderita penyakit TB di RS. Wahidin sudirohusodo. Kunjungan ini diikuti oleh PPDS Pulmonologi serta staf pengajar Departemen yaitu Dr. dr. Irawaty Djaharuddin Sp.P (K), serta dr. Nurjannah Lihawa Sp.P(K).

Selain kunjungan pada pasien, juga diadakan pembagian bingkisan kepada pasien serta keluarga pasien sebagai bentuk kepedulian terhadap hidup sehat, juga kunjungan ini dilakukan sedikit edukasi kepada pasien, agar lebih memperhatikan etika batuk dan memperhatikan nutrisi pasien. (aii)

PPDS dan Staf Pengajar memperingati hari TB dunia
Berfoto di depan gedung Infection Centre
Penyerahan bingkisan pada pasien Penderita TB

Gubernur SULSEL Pantau COVID-19

Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. Mengunjungi Instalasi Infection Centre Rs. Wahidin Sudiro Husodo, dalam rangka memantau alur penerimaan pasien dengan kecurigaan COVID-19. Gubernur dan beserta jajaran dinas Kesehatan Provinsi sulawesi selatan, dan Kota makassar, berdialog langsung bersama staf dan karyawan Infection Centre, yang diwakili oleh kepala departemen pulmonologi Dr. dr. Nur, Ahmad Tabri, Sp.PD K-P, Sp.P (K), kepala instalasi Infection Centre Dr. dr. Muh. Ilyas, Sp.PD K-P, Sp.P (K), serta Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Dr. dr. Irawaty Djaharuddin Sp. P (K). Pertemuan yang langsung diinisiasi oleh Gubernur Sulawesi Selatan ini  juga dihadiri oleh jajaran direksi RSUP. Wahidin Sudirohusodo. (aii)

Gubernur Sulsel diterima langsung oleh Staf Infection Centre

Diskusi langsung bersama Gubernur Sulsel
Foto bersama

Pulmo Unhas, Juara 1 Badminton dan Tenis Meja 2020

Memperingati hari jadi FK Unhas yang ke 64 tahun, Panitia mengadakan beberapa item kegiatan yang bertujuan menjalin kembali komunikasi antara Civitas Akademik. beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah Pertemuan Ilmiah Berkala, serta Perlombaan yang diikuti oleh segenap Civitas Akademik Fk unhas.

khusus untuk Badminton Putri dan Tenis Meja putri, Pulmonologi berhasil keluar menjadi juara 1. Badminton putri yang diwakili oleh dr. Nirmalasari dan Ns. Harianti Lara, di final mengalahkan wakil dari Kardiologi. Sedangkan pada cabang Tenis Meja Putri, yang diwakili oleh Dr. dr. Irawaty Djaharuddin Sp.P(K), dan Ns. Erlin berhasil menjadi juara 1 setelah berhasil mengalahkan wakil dari Gizi Klinik. (aii)

Juara 1 Badminton Putri
Juara 1 Tenis Meja Putri

Senam Paru Sehat Go Public

Makassar, 13 Oktober 2019

Senam Paru Sehat, yang merupakan program kerja Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas, dalam rangka mensosialisasikan senam yang berfungsi meningkatkan kualitas fungsi paru. dilaksanakan di Car Free Day kota makassar, yang bertempat di jalan Boulvard.

Acara senam paru dilaksakan dari jam 06,00 hingga 07.00 WITA ini berlangsung meriah yang diikuti oleh sekitar 200 peserta masyarakat umum, juga staf dan residen serta mahasisswa MPPD1 pulmonologi Fk Unhas . (aii)

Foto Bersama Staf, ppds, dan mahasiswa MPPD Pulmonologi

Kegiatan Senam Paru Sehat

Foto bersama Staf dan PPDS Pulmonologi

Kuliah Tamu Bersama dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K)

Tanggal 11 Februari 2019, Departemen Pulmmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNHAS, menerima kunjungan dari dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K), yang merupakan dosen dan staf pengajar Universitas Indonesia.

Pada kesempatan ini pula,  dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K) menyempatkan diri untuk memberikan kuliah tamu dengan tema “International Confrence on Cancer Nursing (ICCN).

Kuliah tamu, selama satu jam lebih ini, membahas mengenai update alogaritma terbaru penanganan tumor. dan diikuti oleh residen paru  Departemen Pulmmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNHAS. (aii)

Foto Bersama dr. Elisna Syaharuddin, Ph.D, Sp.P(K)