PEARLS

Pada tanggal 23-24 oktober 2021 Departemen pulmonologi dan kedokteran respirasi melaksanakan kegiatan seminar PEARLS (Pulmonology Emergency and Respiratory Life Support). Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Amaris Makassar ini, bertujuan untuk meningkatkan wawasan dokter umum dalam manajemen pasien dengan kegawatan darurat di bidang respirasi.

Kegiatan ini di bagi dalam dua sesi yaitu materi simposium dan materi Hands on. Yang menarik dalam materi Hands on ini adalah, peserta secara langsung dapat melakukan tindakan seperti punksi pleura, pemasangan WSD (water sealed Drainage), terapi inhalasi dan terapi oksigen langsung dibimbing oleh supervisior pulmonologi. (Aii, Ddi)

 

Foto bersama peserta dan pemateri pearls

 

Kegiatan materi Hands On

Nahkoda baru Departemen Pulmonologi Unhas

Berdasarkan surat keputusan Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, pada bulan maret 2021, maka dengan resmi Ketua departemen dan ketua program studi Pulmonologi dan kedokteran respirasi resmi di pimpin oleh wajah baru.

ketua departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di ketuai oleh dr. Arif Santoso, Sp.P(K), Ph.D. Sedangkan ketua Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di ketuai oleh Dr. dr. Irawaty Djaharuddin, Sp.P(K)

Besar harapan menyertai pengangkatan dr. Arif Santoso, Sp.P(K), Ph.D dan Dr. dr. Irawaty Djaharuddin, Sp.P(K) dalam memimpin departemen ke arah yang lebih baik. (aii)

Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas
Ketua Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas

Memperingati Hari TB Dunia

Dalam rangka memperingati hari TB dunia yang jatuh pada tanggal 24 maret 2021. Departemen pulmonologi dan kedokteran respirasi mengadakan kunjungan pada pasien-pasien yang menderita penyakit TB di RS. Wahidin sudirohusodo. Kunjungan ini diikuti oleh PPDS Pulmonologi serta staf pengajar Departemen yaitu Dr. dr. Irawaty Djaharuddin Sp.P (K), serta dr. Nurjannah Lihawa Sp.P(K).

Selain kunjungan pada pasien, juga diadakan pembagian bingkisan kepada pasien serta keluarga pasien sebagai bentuk kepedulian terhadap hidup sehat, juga kunjungan ini dilakukan sedikit edukasi kepada pasien, agar lebih memperhatikan etika batuk dan memperhatikan nutrisi pasien. (aii)

PPDS dan Staf Pengajar memperingati hari TB dunia
Berfoto di depan gedung Infection Centre
Penyerahan bingkisan pada pasien Penderita TB

Gubernur SULSEL Pantau COVID-19

Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. Mengunjungi Instalasi Infection Centre Rs. Wahidin Sudiro Husodo, dalam rangka memantau alur penerimaan pasien dengan kecurigaan COVID-19. Gubernur dan beserta jajaran dinas Kesehatan Provinsi sulawesi selatan, dan Kota makassar, berdialog langsung bersama staf dan karyawan Infection Centre, yang diwakili oleh kepala departemen pulmonologi Dr. dr. Nur, Ahmad Tabri, Sp.PD K-P, Sp.P (K), kepala instalasi Infection Centre Dr. dr. Muh. Ilyas, Sp.PD K-P, Sp.P (K), serta Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Dr. dr. Irawaty Djaharuddin Sp. P (K). Pertemuan yang langsung diinisiasi oleh Gubernur Sulawesi Selatan ini  juga dihadiri oleh jajaran direksi RSUP. Wahidin Sudirohusodo. (aii)

Gubernur Sulsel diterima langsung oleh Staf Infection Centre

Diskusi langsung bersama Gubernur Sulsel
Foto bersama

Pulmo Unhas, Juara 1 Badminton dan Tenis Meja 2020

Memperingati hari jadi FK Unhas yang ke 64 tahun, Panitia mengadakan beberapa item kegiatan yang bertujuan menjalin kembali komunikasi antara Civitas Akademik. beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah Pertemuan Ilmiah Berkala, serta Perlombaan yang diikuti oleh segenap Civitas Akademik Fk unhas.

khusus untuk Badminton Putri dan Tenis Meja putri, Pulmonologi berhasil keluar menjadi juara 1. Badminton putri yang diwakili oleh dr. Nirmalasari dan Ns. Harianti Lara, di final mengalahkan wakil dari Kardiologi. Sedangkan pada cabang Tenis Meja Putri, yang diwakili oleh Dr. dr. Irawaty Djaharuddin Sp.P(K), dan Ns. Erlin berhasil menjadi juara 1 setelah berhasil mengalahkan wakil dari Gizi Klinik. (aii)

Juara 1 Badminton Putri
Juara 1 Tenis Meja Putri

Senam Paru Sehat Go Public

Makassar, 13 Oktober 2019

Senam Paru Sehat, yang merupakan program kerja Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas, dalam rangka mensosialisasikan senam yang berfungsi meningkatkan kualitas fungsi paru. dilaksanakan di Car Free Day kota makassar, yang bertempat di jalan Boulvard.

Acara senam paru dilaksakan dari jam 06,00 hingga 07.00 WITA ini berlangsung meriah yang diikuti oleh sekitar 200 peserta masyarakat umum, juga staf dan residen serta mahasisswa MPPD1 pulmonologi Fk Unhas . (aii)

Foto Bersama Staf, ppds, dan mahasiswa MPPD Pulmonologi

Kegiatan Senam Paru Sehat

Foto bersama Staf dan PPDS Pulmonologi

Kuliah Tamu Bersama dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K)

Tanggal 11 Februari 2019, Departemen Pulmmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNHAS, menerima kunjungan dari dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K), yang merupakan dosen dan staf pengajar Universitas Indonesia.

Pada kesempatan ini pula,  dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K) menyempatkan diri untuk memberikan kuliah tamu dengan tema “International Confrence on Cancer Nursing (ICCN).

Kuliah tamu, selama satu jam lebih ini, membahas mengenai update alogaritma terbaru penanganan tumor. dan diikuti oleh residen paru  Departemen Pulmmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNHAS. (aii)

Foto Bersama dr. Elisna Syaharuddin, Ph.D, Sp.P(K)

Rapat Kerja dan Finalisasi Borang Akreditasi Pulmonologi Fk Unhas

Departemen Pulmonologi, hari Jummat 1 sampai 3 Februari 2019, mengadakan Rapat Kerja dan Finalisasi Borang Akreditasi Departemen Pulmonologi dan kedokteran respirasi Fk Unhas, di ibis hotel Makassar.

kegiatan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin  Prof. dr. Budu Sp. M, M.Med, ini juga dihadiri oleh jajaran staf, residen dan dosen departemen Pulmonologi dan kedokteran respirasi Fk Unhas.

Agenda Rapat ini bertujuan untuk merangkumkan Rapat kerja Departemen, serta mengevaluasi kembali standar akreditasi departemen. (aii)

Pembacaan Standar akreditasi oleh dr. Armita
Foto bersama setelah rapat
Foto bersama dengan Dekan Fk Unhas

Pulmonologi FK unhas Juara 2 Badminton Deancup

Tim Ganda Putra Departemen Pulmonologi, berhasil menjadi juara 2 dalam pertandingan ganda puntra Deancup. acara deancup ini sendiri merupakan bagian dari beberapa rangkaian acara memperingati Dies Natalis Fk Unhas yang ke 63

Pada pertandingan final ganda putra Badminton, tim pulmonologi yang terdiri dari dr. Muhammad Arif dan Miftahul Fajri, bertanding melawan tim Bedah A yang terdiri dari dr. Nasrullah Sp.BS dan Asrul. tim badminton pulmonologi harus rela menjadi juara 2, setelah dikalahkan 2 set langsung dengan poin 21-17 dan 21-18

Selain Badminton, tim pulmonologi juga berpartisipasi dalam kegiatan lomba Futsal, dan Tenis Meja. (aii)

Pertandingan final Badminton pulmo vs bedah
Penyerahan Hadiah