Sejarah Departemen

Pembentukan program studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) tidak lepas dengan terbentuknya bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi sebagai subdivisi Bagian Ilmu Penyakit dalam FK Unhas dengan surat 3546/H4.8.1/TU/4/2008 tentang pembentukan bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi. Kemudian dibentuklah panitia pembentukan bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi dengan no. Surat 379/H.4.8/KP.42/2008 dan secara resmi terbentuknya Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi pada FK Unhas sesuai dengan SK Rektor dengan No. 3893/H4/0/2009.

Dalam perjalanannya, Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas mengadakan Perjanjian Kerjasama dengan Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Universitas Indonesia sebagai Pengampu Program Pendidikan Dokter Spesialis I Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FK Unhas dengan nomor 4510/H4.8/PM05/2010

Untuk menyelenggarakan program studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi secara mandiri, maka dibuat surat permohonan rekomendasi ke kolegium Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi sebagai kelayakan dalam membentuk program studi. Surat inipun dijawab oleh kolegium Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi dengan memberikan rekomendasi usulan pembentukan program Pendidikan Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di FK Unhas. Surat rekomendasi pembukaan Program Pendidikan Dokter Pulmonologi juga diberikan oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dengan nomor surat 03/KPI/II/2015. Permohonn rekomendasipun juga ditujukan kepada Konsil Kedokteran Indonesia dalam rangka persiapan Pusat Pendidikan Pulmonologi yang mandiri di Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas. Konsil Kedokteran Indonesia mengirim surat perihal Pembukaan Program Studi Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di Fakultas Kedokteran Universita Hasanuddin dengan nomor surat KD.02.02/01/KKI/III/1073/2015. Dengan adanya surat rekomendasi dari KKI maka sudah lengkaplah semua persyaratan penyelenggrakan Pendidikan Pulmonologi Mandiri di FK Unhas dan diresmikan dengan surat dari Menristek DIKTI No. 103/KPT/I/2016 pada tanggal 16 Februari 2016. Dengan surat dari Menristik DIKTI maka resmilah Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas untuk menyelenggarakan Pendidikan dokter spesialis pulmonology secara mandiri.