Liputan : Seminar Nasional “Membangkitkan Budaya Ilmiah & Budaya Unggul di Indonesia”

DSC_0058

Seminar Nasional atas kerja sama Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) – Universitas Hasanuddin yang diselenggarakan di Gedung Baruga A.P.Pettarani pada tanggal  02 Agustus 2015  bertemakan “ Membangkitkan Budaya Ilmiah dan Budaya Unggul di Indonesia menghadirkan pembicara utusan  khusus  sains Presiden Amerika Serikat 2010-2012 , Dr. Bruce Alberts  ; Ilmuwan Senior  AIPI yang lama berkiprah dipemerintahan Republik Indonesia , Professor Emil Salim ; Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Professor Sangkot Marzuki ; Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (AIMI), Professor Jamaluddin Jompa yang membahas  peranan ilmuwan muda dunia  dalam mempromosikan  budaya ilmiah dan budaya unggul ,  peran sains dan teknologi dalam mendorong kemajuan bangsa , masalah masalah  yang menghambat  pengembangan sains dan  alternative  solusi yang ditawarklan AIPI , juga membahas  peran pendidikan tinggi dalam mengembangkan budaya ilmiah dan budaya unggul dan peranan ilmuwan muda Indonesia.
Seminar yang didukung oleh Wakil Rektor IV ( Sub. Bagian Kerjasama ) , Professor Budu dan  berlangsung selama kurang lebih tiga jam  dibuka dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya “  dan pengantar dalam bahasa Indonesia oleh Hasnawati Saleh, MSc, Ph.D, salah satu anggota AIPI  dari Universitas Hasanuddin  membuka acara dengan memberi kesempatan para pembicara membawakan materi pembahasannya dan  berdiskusi serta Tanya jawab  untuk audiens dan media,  yang dimoderatori oleh Dr. Sudirman Nasir.
Seminar ditutup dengan lagu daerah tana toraja dan penyerahan cindera mata bagi para pembicara  ,  dan  semoga apa yang diupayakan bagi Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan Universitas Hasanuddin tercinta ini dapat memberikan sumbangsih memajukan kesejateraan umum dan mencerdaskan kehidupan Bangsa Indonesia utamanya diperuntukkan bagi peneliti peneliti muda, cendikia cendikia muda untuk menunjukkan budaya ilmiah  dan keunggulannya  kepada dunia  , baik secara Nasional maupun Internasional.

” Kodrat umat manusia kini dan kemudian  ditentukan oleh penguasaannya atas ilmu pengetahuan. Semua, pribadi dan Bangsa Bangsa akan tumbang tanpa itu . Melawan pada yang berilmu dan pengetahuan adalah menyerahkan diri pada maut dan kehinaan ” ( Pramoedya Ananta Toer –  Bumi Manusia )  .

(10RI)

Check Also

Rapat Kerja Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Makassar , tertanggal 01-02 Februari 2019 bertempat di gedung Maccora Hotel The Rinra  Jl. Metro ...

Kunjungan SMAN I Wajo ke Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Makassar-Tamalanrea , 14 Januari 2019 bertempat di Ruang Senat Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (red. FK-Unhas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*