Kronologis Proses Pelaksanaan LK I FK Unhas

Pada tanggal 3 Juni 2015 sekitar pukul 15.00 WITA, Muhammad Ikbal mendapat surat yang ditandatangani oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unhas ter-tanggal 28 Mei 2015. Surat tersebut berisi Surat Keputusan skorsing satu semester atas pelanggaran Kode Etik Mahasiswa yang salah satunya terkait pelaksanaan kegiatan dengan mengatasnamakan universitas yang harus mendapatkan persetujuan pimpinan universitas atau fakultas (pasal 9 ayat 4). Selain pasal tersebut pasal lain yang dianggap dilanggar adalah pasal 9 ayat 2 dan pasal 10 ayat 1 dan 2 (surat keputusan terlampir).

Berdasarkan surat tersebut, kami buatkan kronologis untuk mengklairifikasi segala kejadian sampai keluarnya surat keputusan di atas dengan alasan bahwa dalam pengambilan keputusan terkait pemberian sanksi skorsing terhadap Muhammad Ikbal sebagai Ketua BEM FK Unhas yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan pengaderan dalam hal ini Latihan Kader I adalah tidak selayaknya.
Kegiatan Latihan Kader 1 merupakan program wajib pengkaderan dalam lingkup KEMA FK Unhas dimana kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh BEM FK Unhas berdasarkan Buku Putih Pengkaderan (terlampir).

Kronologis Upaya Perizinan Latihan Kaderan I :

Tanggal 3 desember 2014: BEM FK Unhas menerbitkan SK Kepanitiaan Latihan Kader I dengan keputusan Firman M. Saleh (2012), Gabriella Jabir (2012), Muh. Ridho Akbar (2012), Muh. Robby Rajwatul Aswad (2013), dan Nur Eda (2013) sebagai Steering Commite. Mika Febriza Tendean (2013) sebagai Ketua Panitia, Putri Aditya Ningrum (2013) sebagai Sekertaris, Nurul Fadhilah (2013) sebagai Bendahara, dan beberapa Organizing Commitee yang lain (terlampir).

Tanggal 5 desember 2014: Rapat perdana panitia Latihan Kader I (LK I) diadakan di sekretariat BEM FK Unhas dengan agenda persiapan dan pembuatan konsep. Pembuatan konsep yang melibatkan seluruh Steering Commitee.

Tanggal 29 desember 2014: Pada pukul 15.00 WITA, setelah perampungan konsep LK I, Ketua BEM, koordinator Divisi Pengkaderan, Steering Commitee, ketua panitia, menghadap kepada Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan) dengan agenda permohonan izin pelaksanaan kegiatan LK I yang akan dilaksanakan pada Januari 2015 dan bertempat di Pondok Madinah, Sudiang. Dalam pertemuan tersebut, Wakil Dekan III mempertanyakan mengapa ada proses kegiatan kaderisasi yang sangat banyak dan bertahap, mulai dari Sosialisasi Almamater (Solmet), Masa Pembinaan Mahasiswa Baru (MPMB), kemudian Latihan Kader I (LK I). Panitia kemudian menjelaskan pentingnya masing-masing tahap pengkaderan dan juga menjelaskan konsep pelaksanaan LK I beserta metode yang digunakan. Namun, Wakil Dekan III tetap mempertanyakan pentingnya pelaksanaan LK I dan mulai mempertanyakan mengenai materi-materi yang disajikan. Menurut beliau, materi-materi yang disajikan untuk tahap LK I ini merupakan materi yang berulang dari tahap pengkaderan sebelumnya. Padahal, BEM dan Steering Commitee sebagai penanggung jawab tahapan pengkaderan telah menjelaskan bahwa tidak ada materi yang berulang dari setiap tahap pengkaderan (susunan materi tiap tahap pengkaderan terlampir). Setelah panitia menjelaskan mengenai materi yang tidak berulang, Wakil Dekan III kembali mempertanyakan mengenai Rundown acara yang pelaksanaannya hingga malam hari. Menurut beliau, pelaksanaan LK I ini hanya sampai pukul 5 sore dengan alasan mengganggu waktu keluarga. Untuk alasan ini, panitia telah membuat surat permohonan izin mahasiswa baru kepada orang tua (terlampir). Setelah itu, Wakil Dekan III kembali mempertanyakan mengenai pelaksanaan yang dilakukan di luar area kampus Universitas Hasanuddin dan menginap. Beliau khawatir akan keamanan dari peserta LK I yang meruapakan mahasiswa baru dan kegiatan di luar kampus dianggap ilegal. Kemudian, panitia kembali menjelaskan bahwa pemilihan tempat di luar area kampus ini demi optimalisasi kegiatan dan tercapainya konsep yang telah dibangun. Panitia juga menjelaskan bahwa peserta hanya menginap pada hari kedua sesuai dengan konsep yang telah disusun. Untuk alasan keamanan, panitia dan BEM siap bertanggung jawab penuh terhadap segala keamanan peserta. Sedangkan untuk aturan pelarangan di luar kampus, BEM dan panitia meminta aturannya. Meskipun sudah dijelaskan sedemikian hal tersebut diatas, tidak terdapat titik temu antara Wakil Dekan III tentang perizinan pelaksanaan kegiatan LK I dan WD III tidak menunjukkan peraturan pelarangan kegiatan di luar kampus seperti yang beliau maksud.

Tanggal 30 desember 2014: Muh. Ikbal sebagai Ketua BEM FK Unhas menghadap kepada Wakil Dekan III untuk menjelaskan maksud pelaksanaan LK I dan memohon izin agar tetap dilaksanakan LK I tersebut. Hal ini dilakukan sebab pada pertemuan sebelumnya pada tanggal 29 desember tidak mendapatkan perizinan. Maka, Muh. Ikbal selaku ketua BEM mengahadap kepada Wakil Dekan III untuk berupaya menjelaskan kembali maksud pelaksanaan LK I dan pentingnya terhadap mahasiswa baru. Namun, hasil diskusi kembali tidak menemukan titik temu.

Tanggal 31 Desember 2014 : Upaya perizinan tidak menemukan titik temu, maka dari pihak Pengurus Bem dan panitia LK1 mengadakan rapat internal perihal keputusan pelaksanaan kegiatan LK1 tersebut. Adapun Hasil rapat internal diputuskan bahwa kegiatan LK1 tetap dilaksanakan sesuai konsep meski belum mendapat izin dari Wakil Dekan III mengingat bahwa proses pengkaderan merupakan hal yang sangat penting bagi regenerasi kelembagaan di lingkup kehidupan berlembaga mahasiswa. Selain itu, alasan yang dikemukakan oleh Wakil Dekan III yang membatasi pelaksanaan LK I dianggap tidak sesuai dengan pedoman Buku Putih Pengkaderan yang selama ini digunakan sebagai landasan dalam merumuskan konsep pengkaderan.

Tanggal 19 januari 2015: Kegiatan Latihan Kader I dimulai pada pukul 06.00 WITA yaitu registrasi peserta, dimana setiap peserta harus memperlihatkan surat izin dari orang tua / wali sebagai bukti bahwa peserta tersebut telah diiznkan mengikti kegiatan ini. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberiaan materi sampai pukul 20.00 wita sesuai dengan rundown yang telah direncanakan. Peserta tidak bermalam.

Tanggal 21 januari 2015: Pada hari ketiga, kegiatan LK 1 berjalan dengan baik dan tidak terjadi kejadian yang mengancam keamanan peserta seperti halnya yang dikhawatirkan sebelumnya oleh Wakil Dekan III.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *