ESENSI PERUBAHAN SERAGAM KOAS

Suasana Kajian (Dokumentasi teamwork Kasur-Trixie)

Rabu (10/10) di Pelataran Lt. 5 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas), Badan Eksekutif Mahasiswa FK Unhas mengadakan Kajian Isu Bersama Kema atau biasa disingkat Kasur Kema. Kasur Kema kali ini membahas tentang “Esensi Perubahan Seragam Koass.” Pada kegiatan tersebut, turut mengundang Wakil Dekan bidang Akademik Fakultas Kedokteran Unhas Dr. dr. Irfan Idris, M.Kes sebagai narasumber. Kasur Kema berusaha mewadahi aspirasi mahasiswa menanggapi rencana perubahan seragam koas. Kegiatan dipandu oleh Roynaldy Octa Hosea selaku moderator. Diawali dengan pembacaan hasil kuisioner tentang tanggapan mahasiswa mengenai perubahan seragam koass, dilanjutkan pemaparan isu dari narasumber, dan sesi tanya jawab.

Pernah dengar tentang isu seragam koas Unhas akan diganti?

Bermula dari Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo yang mulai berakreditasi Internasional. Tentu untuk standar Internasional, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pihak rumah sakit terkait. Setiap 2 tahun pihak asesor Joint Commission International (JCI) akan memeriksa setiap rumah sakit, apakah sudah sesuai dengan standar internasional yang ada. Termasuk aturan seragam koass dan name tag atau id card.

Di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, seragam koas rencananya akan diubah agar ada pembeda antara yang mengemban pendidikan koas dan dokter . Sehingga masyarakat awam bisa membedakan antara tenaga medis baik koas, dokter, residen, konsulen, apoteker, mahasiswa ilmu gizi, dan yang lainnya sesuai standar internasional. Hal ini akan berimbas pada mahasiswa preklinik yang akan memasuki dunia klinik nantinya. Mahasiswa FK Unhas tentu perlu mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh rumah sakit pendidikan utama. Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo masih menjadi rumah sakit pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran Unhas. Sedangkan Rumah sakit pendidikan Unhas sendiri masih berakreditasi B dan belum layak untuk menjadi rumah sakit pembelajaran utama akibat masih kurangnya kasus penyakit yang ditangani, pasien, dan jumlah kamar.

Penyerahan sertifikat kepada pemateri oleh Sekretaris BEM FK Unhas (Dokumentasi teamwork Kasur-Trixie)

Apakah pihak Fakultas sudah siap dengan perubahan ini?

Pihak Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS) telah meminta fakultas sejak 2 bulan lalu hingga akhir Oktober nanti, untuk mempersiapkan perubahan seragam koass, baik usulan desain dan kesepakatan lainnya. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai hal tersebut. Nantinya, akan diadakan sejenis rapat koordinasi dari pihak RSWS dan birokrat. Pihak birokrat sendiri masih menerima saran dan masukan dari mahasiswa untuk disampaikan ke rapat tersebut.

Bagaimana? Apa anda siap dengan Jas Koass yang baru? (RA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *