LENGKAP – TIPS DAN TRIK TEMBUS PEMILIHAN WAHANA INTERNSHIP

Bagi lulusan kedokteran, mendapat gelar dokter bukanlah tahap akhir dari perjuangan, karena setelah dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD), dan mendapat gelar “dr.” didepan nama, para dokter umum akan menghadapi drama lain yaitu berebut wahana internship antar sesama dokter.

Sedikit membahas tentang internship, menurut Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia tentang Registrasi Dokter Program Internship Pasal 1, “Internsip adalah pelatihan keprofesian berbasis kemandirian pada pelayanan primer guna memahirkan kompetensi, meningkatkan kinerja, dan menerapkan standar profesi pada pratik kedokteran setelah selesai pendidikan dokter dan uji kompetensi”

Tulisan ini akan memberikan informasi mengenai tata cara pemilihan wahana internship, beserta tips dan trik dan juga pengalaman saya dalam pemilihan wahana yang dapat dijadikan referensi pemilihan wahana selanjutnya. Sebelumnya saya mengucapkan selamat kepada teman-teman sejawat yang sudah lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Tentunya ujian tersebut tidak mudah dan butuh persiapan yang kuat baik ilmu, fisik, maupun mental.

Pemilihan wahana internship dibagi menjadi tiga, yaitu lokal, regional dan nasional. Pemilihan lokal ditujukan kepada wahana yang satu provinsi dengan asal universitasnya. Misalkan si A berasal dari Universitas Hasanuddin, dia dapat memilih Rumah Sakit di Sulawesi Selatan. Pemilihan regional adalah pemilihan wahana secara lintas provinsi berdasarkan asal universitas dan kelompok provinsi, biasanya ditentukan masing-masing batch yang diatur di Ketentuan Pilih Wahana dan biasanya dapat dilihat di website internship. Sedangkan untuk pemilihan nasional, calon peserta dapat memilih wahana yang berada di seluruh Indonesia.

Gambar 1. Contoh Pemilihan Wahana Regional di Batch Mei 2019

 

Sebelum hari H pemilihan, persiapkan hal-hal berikut ini :

  1. Daftar wahana beserta info-info pemilihan wahana. Daftar wahana dapat diperoleh di batch tahun lalu, misalkan kalian ingin mengikuti internship batch Mei 2019, carilah informasi di Google atau di website internship. Daftar wahana pada batch kalian akan muncul pada H-1 pemilihan, kemudian carilah info mengenai wahana-wahana yang diinginkan. Informasi dapat diperoleh melalui senior-senior, membaca review-nya di akun line “inf.Wahana Internsip”, ataupun dari instagram karena biasanya setiap wahana membuat akun instagram untuk mengunggah foto-foto kegiatan mereka.
  2. Buatlah skala prioritas wahana yang diinginkan. Skala prioritas dapat dibuat berdasarkan waktu pemilihan (lokal, regional, nasional). Buatlah sekitar minimal 5-10 daftar wahana yang diinginkan.
  3. PC/Laptop. Laptop yang digunakan harus laptop dengan spesifikasi tinggi. Pada saat pemilihan minimal menggunakan laptop dengan spesifikasi prosesor stabil (intel Core I5 atau diatasnya), RAM yang cukup besar (4-8 gb), dan grafis yang menengah ke tinggi. Jika pengguna laptop, pastikan jenis Wifi yang tertanam di laptop kalian adalah Wifi 802.11n/802.11ac karena kecepatannya berbeda dengan yang biasa kita temui, yaitu Wifi 802.11a/b/g. Jenis Wifi tersebut dapat diperoleh juga dengan menggunakan USB Wifi Adapter yang biasa dijual dengan harga sekitar 300-500 ribu rupiah. Laptop dengan spesifikasi tersebut biasa dijumpai pada laptop Apple Macbook series hingga laptop gaming, seperti ASUS ROG, Alienware, dsb. Persiapkan mouse untuk mempermudah pergerakan kursor.
Gambar 2 Kecepatan Masing-Masing Perangkat WiFi

 

Gambar 3 Spesifikasi ASUS ROG STRIX GL503VD

 

Gambar 4 Spesifikasi Singkat Apple MacBook Pro
  1. Browser. Gunakan browser Google Chrome (recommended)
  2. Jaringan atau koneksi internet. Jangan pernah mengandalkan koneksi via tethering hotspot dari hand-phone (HP) Carilah tempat-tempat yang menawarkan jaringan tinggi, seperti warnet, hotel, perkantoran yang sepi, dan lain sebagainya. Kalian dapat memulai dengan survei tempat ataupun warung kopi. Saya melakukan pemilihan dengan menggunakan Wifi Id. Cek dengan menggunakan Speed Test by Ookla dan ganti location/server ke Jakarta karena server pemilihan internship berada di Jakarta. Lihatlah ping, download dan upload. Semakin kecil ping, semakin stabil jaringan tersebut. Semakin besar download dan upload, semakin kuat juga jaringan tersebut. Sekedar info, saya pribadi melakukan pemilihan dengan ping 24 menuju server Jakarta sudah cukup untuk meloloskan pemilihan. Saat mencari koneksi Wifi, duduklah dekat pemancar/router agar koneksi yang didapatkan maksimal.
Gambar 5 Data Kecepatan Jaringan Dari Berbagai Server
  1. Untuk mendapatkan wahana yang kita inginkan, berdoalah sebaik mungkin dan mintalah yang terbaik.
  2. Pelajari secara baik-baik dan download buku “Cara Memilih Wahana” yang bisa diperoleh di website internship.

Pada saat memilih wahana, lakukanlah sesuai dengan buku “Cara Memilih Wahana” tersebut. Saya pribadi tidak akan menjelaskan secara menyeluruh mengenai cara teknis pemilihan karena sudah cukup jelas tertulis di buku tersebut. Dalam pemilihan wahana sering dijumpai masalah-masalah seperti berikut ini :

  1. Wahana penuh. Sebenarnya wahana penuh ini bukan suatu masalah karena kalian “kalah cepat” dengan peserta lain yang menginginkan wahana tersebut karena kita bermain di detik bahkan milidetik. Terlambat satu detik saja, kalian akan kalah cepat dengan orang lain. Tipsnya yaitu samakan waktu server dengan jam kalian. Bisa dengan menggunakan aplikasi jam di android/apple yang memiliki detik bahkan milidetik. Lakukanlah refresh saat pas jam pemilihan di halaman “Pendaftaran Internship”, misal jam 09.00.00 WIB. Pemilihan batch Mei 2019 dapat melakukan login pada pukul 08.50 WIB dan wahana akan muncul pada 09.00.00.
Gambar 6 Tampilan Yang Muncul Saat Login Sebelum Jam 09.00.00

 

Gambar 7 Tampilan Yang Muncul Setelah Kita Melakukan Refresh Saat Jam 09.00.00
  1. Salah klik wahana. Pastikan wahana yang akan Anda pilih sudah benar. Bisa dengan menggunakan cara Find (CTRL + F) dan Paste (CTRL + V) untuk menemukan wahana yang diinginkan. Copy-lah keyword dari wahana yang dituju yang paling spesifik. Contoh : wahana RSU Lakipadada Tana Toraja, jadikanlah “Lakipadada” menjadi keyword kemudian menggunakan cara diatas. Salah klik juga dapat diakibatkan karena wahana yang belum muncul secara keseluruhan kemudian si pemilih sudah melakukan klik sehingga wahana yang dituju bergeser.
  2. Sudah login, tapi kadang browser/tab tertutup/crash/not responding ataupun komputer ter-restart dengan sendirinya atau dengan ketidaksengajaan. Hal ini mengharuskan untuk logout melalui browser dan komputer yang sama untuk melakukan login Untuk hal ini saya mempersiapkan bookmark yang sudah saya taruh sebelum pemilihan. Membuatnya cukup mudah, halaman depan yang muncul setelah login akan muncul tombol logout di sebelah kanan atas. Lakukan klik, tahan, dan drag ke task bar di browsernya kalian sehingga dapat digunakan saat sewaktu-waktu dibutuhkan. Lakukanlah save password agar tidak membuang waktu saat melakukan login kembali.
Gambar 8 Bookmark Penting

 

Gambar 9 Tombol Logout Yang Dapat Di Drag ke Bookmark

 

Gambar 10 Fitur Save Password
  1. Kendalikan emosi saat melakukan pemilihan wahana. Kalau wahana yang diinginkan sudah penuh, bisa menggunakan wahana lain yang sudah direncanakan jauh hari sebelum pemilihan.
  2. Download Pakta Integritas dan melakukan Upload Scan pakta tersebut setelah mendapatkan wahana sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jikalau tidak melakukan itu, pemilihan wahana kalian akan dibatalkan.

Demikian tips dan trik pemilihan wahana internship ini, seiring dengan waktu tulisan ini akan di-update sesuai masalah yang akan muncul di kemudian hari. Semoga tips ini berguna dan  kita tidak perlu merogoh uang yang cukup besar hingga jutaan untuk menggunakan jasa orang ke tiga. Pada Batch Mei 2019 terjadi over kuota dan tidak diketahui penyebabnya. Disinyalir berasal dari jasa orang ketiga yang menggunakan software ataupun melakukan hacking terhadap website internship. Hal tersebut merugikan Anda sendiri dan orang lain karena jika terbukti akan dilakukan penalti (penundaan waktu internship) dan akan diproses secara hukum.

 

Sumber:

  1. What is 802.11ac Wi-Fi? https://help.ting.com/hc/en-us/articles/220804707-What-is-802-11ac-Wi-Fi-?mobile_site=true
  2. Speed Test by Ookla https://www.speedtest.net/
  3. Cara Memilih Wahana http://www.internsip.depkes.go.id/content/cara_pilih_wahana.pdf
  4. Review Notebook Gaming: ASUS ROG STRIX GL503VD http://www.jagatreview.com/2018/02/review-notebook-gaming-asus-rog-strix-gl503vd/
  5. Spesifikasi Apple MacBook Pro 13.3 Touch Bar MNQF2ID/A MNQG2ID/A (Late 2016) https://id.priceprice.com/Apple-MacBook-Pro-13-3-Touch-Bar-MNQF2ID-A-MNQG2ID-A-Late-2016-18301/specs/#Specs
  6. Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia http://www.kki.go.id/assets/data/arsip/Perkonsil_No._1_Tahun_2010_.pdf

 

(Hadi Tryadi)

Sino 15-07

Sekretaris Umum LPM Sinovia Periode 2014-2015

Peserta Internsip Batch Mei 2019 Kemenkes RI

(editor : Nitha S. Eka Hesti)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *