Foto bersama panitia dan peserta desa binaan BEM FK UNHAS

PENGMAS BEM Gelar Desa Binaan Di Bolaromang

Warga desa Bolaromang kembali menerima kunjungan tim relawan desa binaan (Desbin) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) pada hari Sabtu dan Minggu (5-6 Oktober 2019). Sebanyak 35 orang mahasiswa FK Unhas ikut serta dalam kunjungan kedua ini. Dalam kunjungan kali ini terdapat beberapa item kegiatan yang telah disusun untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran warga desa tentang kesehatan.

Desa binaan ini merupakan salah satu misi Kementerian Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (BEM Kema FKUH) yakni melaksanakan program pengabdian masyarakat yang berkala dan sistematis. Oleh karena itu, desa binaan menjadi salah satu program kerja yang dilaksanakan untuk mewujudkan misi tersebut.

Dua item kegiatan utama telah dilaksanakan dalam kunjungan selama 2 hari ini. Kelompok relawan pertama melakukan sosialisasi dan pembagian schedule merokok kepada warga desa Bolaromang sebagai item kegiatan pertama. Item kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penyuluhan bahaya merokok yang dilaksanakan pada kunjungan pertama bulan lalu. Edukasi kepada para perokok tentang cara-cara berhenti merokok difokuskan dalam kegiatan ini. Rumah-rumah warga desa Bolaromang didatangi langsung oleh para relawan dalam memberikan sosialisasi schedule board ini. Respon yang postif oleh warga yang dikunjungi membangunkan ikatan silaturahmi yang erat antara warga desa Bolaromang dengan tim relawan yang ada.

Kunjungan ke rumah-rumah warga desa Bolaromang

 

 

Pengerjaan taman baca untuk warga desa Bolaromang menjadi item acara kedua kegiatan ini. Kurangnya medium untuk mendapatkan bahan bacaan bagi warga desa Bolaromang membuatkan tim relawan hadir untuk mendatangkan buku-buku untuk bacaan anak-anak dan remaja. Diharapkan dengan usaha kecil ini, taraf intelektual generasi muda di desa Bolaromang dapat ditingkatkan sehingga memberi dampak yang postif kepada pembangunan desa ini.

Proses pengerjaan bangunan taman baca

Kunjungan kedua desa binaan BEM Kema FKUH ditutup dengan acara ramah tamah bagi mengeratkan hubungan silaturahmi antara warga KEMA yang hadir sebagai tim relawan dalam kegiatan ini.

(Hafiz Mujid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *