MASA PENGKADERAN DAN PEMBINAAN KADER (MPPK) 1 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN TAHUN 2022

MPPK 1 tahun 2022 menjadi awal dari transisi masa pengkaderan online ke pengkaderan offline. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menjadikan MPPK sebagai tahap pengkaderan pertama yang harus dilalui oleh mahasiswa/I Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

“Jenjang kaderisasi pertama dimana dalam kegiatan ini mahasiswa dibentuk etika, nilai, dan moral serta budaya Keluarga Mahasiswa (Kema) Fk Unhas berdasarkan buku putih pengkaderan”. ujar Syayid Ananda Muhammad Ramadhan atau akrab disapa Ais selaku koordinator Steering Committee MPPK 1 Tahun 2022.

Ais juga mengatakan bahwa, pada pelaksanaan kegiatan ini, Steering Committee mengangkat tema society 5.0 yang berangkat dari revolusi industri 4.0, dimana orang – orang tertarik dengan IoT (Internet of Things.), AI (Artificial Intelligence), dan big data. Setelah ditemukan disrupsi diangkatlah society 5.0 tujuannya agar human center yang diangkat bisa kembali memanusiakan manusia. 

Tema yang diangkat pada kegiatan MPPK 1 tahun 2022 ini yaitu, “Implementasi Kader Berwawasan Kritis dan Berintegritas Sebagai Aktualisasi Insan Adaptif Dalam Menghadapi Era Society 5.0”. Selain itu, terdapat 3 poin utama yang diangkat dari kegiatan kali ini yaitu Integritas, Intelektualitas, dan Berkualitas.

Adapun output yang diharapkan Ais dengan terselenggaranya kegiatan ini adalah peserta dapat mengenal lingkungan dan budaya kampus secara menyeluruh termasuk 6S+1T (senyum, salam, sapa, sopan, santun, sabar, tabe), budaya minta tolong, terima kasih, dan minta maaf. Ia juga berharap apapun yang diterapkan di Keluarga Mahasiswa (KEMA) Fakultas Kedokteran Unhas termasuk nilai kesejawatan dapat dipahami dan diaktualisasikan berlandasan buku putih pengkaderan.

Kegiatan ini tentunya tidak bisa berjalan tanpa adanya struktur kepanitiaan. Adela Putri Fauziah yang kerap disapa Adela selaku ketua panitia MPPK 1 tahun 2022, mengatakan bahwa pengkaderan ini dibagi menjadi 2 item kegiatan. Item pertama yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2022 dan 23 Juni 2022 dalam bentuk forum dan dilanjutkan dengan item kedua yang dilaksanakan diluar forum yaitu Outbound pada tanggal 24 Juni 2022. Outbound ini dilakukan di pelataran parkiran Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin mulai pukul 07.30 – 10.00 WITA.

“Untuk target peserta tahun MPPK 1 itu tidak ada batasan. Peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa/i Fakultas Kedokteran yang belum melalui pengkaderan formal. Untuk MPPK tahun ini sendiri terdiri dari angkatan 2019, 2020 dan 2021”. Ujarnya

Salah satu rangkaian kegiatan MPPK 1 Tahun 2022 pada tanggal 24 Juni 2022 ialah outbound. Kegiatan ini dilakukan dengan membentuk 27 kelompok yang kemudian dipecah menjadi beberapa grup yang terdiri dari 3 kelompok di dalamnya. Pada kegiatan ini, panitia menyiapkan beberapa stand untuk memperkenalkan Lembaga internal, Badan khusus dan Ekskul yang ada kepada peserta kegiatan ini agar lebih mengenal lembaga yang ada di KEMA FK UNHAS.

Kami juga melakukan wawancara kepada beberapa peserta yang mengikuti kegiatan MPPK 1 2022. Ada Zhahra Fadhylah Rana atau akrab disapa Zhahra mengungkapkan bahwa kesan yang dirasakan selama mengikuti kegiatan MPPK offline dirinya bisa bertatap muka dan berkomunikasi dengan temannya secara mudah. Zhahra juga mengatakan ketika mengikuti MPPK secara offline dia merasa menjadi lebih disiplin, mengenal lebih dalam mengenai etika, dapat membentuk kesejawatan dan mengaplikasikan 6S secara langsung.

Selain itu, ada Muhammad Ziyad atau akrab disapa Ziyad selaku peserta, mengungkapkan bahwa kesan yang dia rasakan selama mengikuti kegiatan MPPK offline dirinya merasa ikatan pertemanan dan solidaritas angkatannya semakin kuat. Adapun pesan yang disampaikan oleh Ziyad yaitu dia berharap ikatan antara mahasiswa angkatan 2021 dan panitia pelaksana bisa semakin solid kedepannya.

(AAAA,GNA,AFARM,SN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *