THEME 2022 Technology Update in Medical Education Biomedical Research and Health Service

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) menyelenggarakan Konferensi Internasional Technology Enhanced Medical Education (THEME) 2022, Kamis-Sabtu (17-19/11). Kegiatan ini dilaksanakan di Makassar yang diikuti oleh 352 peserta dari dalam dan luar negeri.
Acara pembukaan yang di dihadiri Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, Dekan dan Wakil Dekan FK Unhas, para dekan lingkup Unhas, para keynote dan invited speakers, dan peserta. Konferensi ini mengambil tema utama “Technology Update in Medical Education Biomedical Research and Health Service”. Sambutan Dr. dr. Rina Masadah, Sp.PA(K), DFM selaku Ketua Panitia THEME menjelaskan mengenai conference THEME ini secara rutin dilakukan oleh FK Unhas mengundang speaker ternama dari berbagai negara yaitu sebanyak 17 keynote speaker yang akan memberi gagasan dan pemikiran di acara ini. Mereka adalah

–       Han Aarts (Maastricht University, The Netherlands)
–       Patrick Kwan (Monash University, Australia)
–       Olle Ten Cate (Utrecht University, The Netherlands)
–       Nathalie Bravenboer (University of Amsterdam, The Netherlands)
–       Osama Ahmed Shawki (Cairo University, Egypt)
–       Hamzaini Abdul Hamid (Hospital Universiti Kebangsaan Malaysia (HUKM), Malaysia)
–       Mazaya Bt Mahmud (Universiti Putra Malaysia, Malaysia)
–       Mora Claramita (Universitas Gajah Mada, Indonesia)
–       Rizaldy Taslim Pinzon (Universitas Gajah Mada, Indonesia)
–       Ibrahim Labeda (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
–       Idar Mappangara (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
–       Isra Wahid (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
–       Syarifuddin Gaus (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
–       Asty Amalia Nurhadi (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
–       Uleng Bahrun (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
–       Irawaty Djaharuddin (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
–       Gita Vita Soraya (Universitas Hasanuddin, Indonesia)

Para peserta yang hadir turut mempresentasikan artikel orisinil terkait tema konferensi, namun tetap dalam kerangka teknologi pendidikan kedokteran meliputi presentasi Poster dan oral presentation.  “Perkembangan teknologi sangat penting bagi kemajuan sistem kesehatan sehingga seminar THEME ini kami harapkan dapat membantu kesiapan tenaga kesehatan kedepannya” dr. Rina Masadah Dilanjutkan dengan sambutan Rektor Unhas Prof Jamaluddin sekaligus membuka acara secara resmi menjelaskan mengenai sangat pentingnya saling bertukar informasi mengenai update teknologi dalam bidang kesehatan terutama pada keadaan pandemi seperti saat ini. “FK Unhas memilih topik yang sangat relevan pada kegiatan konferensi THEME ini. Sehingga setiap tenaga kesehatan dapat semakin siap menghadapi pandemi ataupun keadaan lainnya yang dapat membantu masyarakat di masa akan datang” Ujar Prof. JJ Sepatah kata dari Han Aarts mewakili international speaker menjelaskan inovasi teknologi secara global dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dimana acara THEME merupakan salah satu wadah untuk saling bertukar informasi. “Perkembagan teknologi dalam bidang kesehatan yang sangat pesat dan kita semua harus dapat mengikuti perkembangan tersebut dalam meningkatkan pengetahuan serta pelayanan kesehatan” Ujar Han Aarts THEME diselenggarakan dalam upaya menilik bersama integrasi teknologi dan pendidikan kedokteran. Berbagai topik tentang teknologi terkini yang diaplikasi dalam dunia pendidikan kedokteran, dikupas tuntas oleh para pakar di bidangnya yang berpengalaman. Kiranya acara ini dapat memperluas lagi wawasan tentang kemajuan teknologi dalam pendidikan dan penelitian di bidang kedokteran.

Check Also

Penanda tanganan Kerjasama Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Makassar , Kamis tertanggal 29 Desember 2022 bertempat di Ruang Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ...