Workshop Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

7
« of 10 »

Workshop Evaluasi Kurikulum dilaksanakan pada 22 s.d 24 Juli 2022 di Novotel Makassar Grand Shayla. Evaluasi kurikulum bertujuan melahirkan sinkronisasi kurikulum dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Hal ini dalam rangka mempersiapkan lulusan dokter terbaik yang mempunyai kompetensi unggul dalam diagnosis dan penatalaksanaan baik dari aspek promotif, preventif dan kuratif.

Untuk pencapaian hasil terbaik implementasi sistem kompetensi tersebut, maka perlu diadakan evaluasi kurikulum yang telah berjalan. Hasil evaluasi akan merekomendasikan hal-hal yang perlu ditambahkan ke dalam buku kurikulum sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan bersama.

Acara diawali dengan sambutan oleh dr. Agussalim Bukhari, M.Clin, Med, Ph.D, Sp.GK (K) selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Riset & Pengembangan dan juga sebagai Ketua Tim Evaluasi Kurikulum. Dalam sambutannya sekaligus membuka rangkaian acara Workshop Evaluasi Kurikulum Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menjelaskan mengenai evaluasi kurikulum terhadap perkembangan IPTEK, outcome pembelajaran yang semakin meningkat menjadi lebih baik, serta penyesuaian kurikulum berdasarkan SKDI.

“Sekarang sudah saatnya kolaborasi atau kerjasama untuk saling mendukung dalam melaksanakan pembelajaran yang baik terutama dalam hal assessment yang tentunya sangat berperan penting dalam proses pembelajaran” ujar dr. Agussalim Bukhari, M.Clin.Med., Ph.D., Sp.GK(K)

Pemaparan konsep dan arah evaluasi serta pengembangan kurikulum oleh Prof. dr. Irawan Yusuf, Ph.D. Kurikulum selalu tertinggal oleh dinamika perkembangan masyarakat dan perlu segera untuk dievaluasi dan disesuaikan. Perubahan yang diperlukan tidak hanya dalam jumlah dan jenis pengetahuan yang diinginkan tetapi juga dalam cara pengetahuan ini diperoleh. Selanjutnya, aspek sosio-kultural dan filsafat perlu diintegrasikan dalam kurikulum agar lulusan FK unhas dapat menemukan tempatnya di masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Evaluasi Active Learning oleh dr. Shelly Salmah, M.Kes selaku Sekretaris Program Studi Sarjana Kedokteran menjelaskan mengenai rangkuman ketersediaan bahan ajar yang terdapat pada E-Learning FK Unhas. Penjelasan mengenai pengertian dan struktur penyusunan RPS juga peningkatan outcome melalui penyelarasan sasaran pembelajaran, modul active learning dan assessment oleh dr. Asty Amalia, M. MedEd.

Pertemuan ini dihadiri pula oleh Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya dr. Firdaus Hamid, Ph.D, Sp.MK, Ketua Program Studi Sarjana Kedokteran Dr. dr. Sitti Rafiah, M.Si, Ketua Student Assessment Unit (SAU) dr. Aussie Fitriani Ghaznawi, Sp.JP (K), Ketua Medical Education Unit dr. Ahmad Ashraf Amalius, Mph, Sp.M (K), M.Kes, Kordinator & Sekretaris Blok juga staf dosen pengampuh mata kuliah terkait.

Check Also

Fakultas Kedokteran Unhas Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Mewakili Indonesia Dalam General Meeting CALOHEA Bangkok

  Acara general meeting ini berlangsung pada 21 – 23 November 2022 di University of ...