Workshop Pengembangan Mata kuliah yang Menggunakan Pemecahan kasus dan Team Based Project (IKU 7)

Sabtu, 12 November 2022, Jade Hall Hotel Claro Makassar, Dalam rangka pelaksanaan Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 yaitu Pengembangan Mata Kuliah yang Menggunakan Pemecahan Kasus dan Team-based Project, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin mengadakan Workshop IKU 7 pada hari Sabtu, 12 November 2022 bertempat di Jade Hall Hotel Claro Makassar. Workshop ini secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan, dr. Agussalim Bukhari, M.Clin.Med., Ph.D., Sp.GK. Dalam sambutannya, dr. Agussalim menjelaskan bahwa pelaksanaan berbagai kegiatan IKU ini dalam rangka memenuhi target dari Dikti dan dari Unhas sendiri. Diharapkan outcome dari kegiatan ini, penerapan active learning dapat menarik atensi dan retensi yang lebih besar dari mahasiswa.

“Sebenarnya untuk team-based dan problem-based learning ini sudah lama kita laksanakan di FK Unhas, yaitu semenjak perubahan kurikulum menjadi student-centered. Meskipun demikian masih ada beberapa mata kuliah yang mungkin belum menjalankannya, sehingga workshop ini bertujuan untuk senantiasa mengajak para dosen pengampu untuk memulai dan refresh ilmu bagi dosen yang sudah menjalankan metode active learning”, tutur dr. Agussalim. Workshop ini mendatangkan pemateri dari Departemen Pendidikan Kedokteran FK Unhas, yaitu dr. Asty Amalia Nurhadi, M.Med.Ed. Pada kesempatan ini dr. Asty mengungkapkan bahwa analisis target untuk IKU 7 di FK Unhas ini sebenarnya sudah melebihi capaian, tetapi workshop ini dilaksanakan untuk menambah jumlah mata kuliah yang menggunakan metode active learning.

Peserta dari workshop ini antara lain para dosen pengampu dari beberapa mata kuliah di jenjang S1 kedokteran, yaitu mata kuliah Kesehatan Masyarakat, Filsafat, Bioetik dan Humaniora, dan juga beberapa dosen pengampu mata kuliah lain yang tertarik untuk mengikuti workshop ini.Kegiatan yang dilaksanakan pada workshop kali ini ini adalah melakukan langsung pembelajaran aktif dan membuat poster metode pembelajaran aktif yang nantinya dapat dipilih oleh para dosen pengampu untuk mengganti metode kuliah konvensional yang selama ini dilaksanakan. Beberapa metode active learning yang dibahas yaitu metode jigsaw, mini-TBL, Think-Pair-Share, dan fishbowl. Di akhir dari workshop ini semua peserta membuat sebuah modul pembelajaran aktif untuk mata kuliah yang diampuh kemudian dipresentasikan di hadapan pemateri dan peserta lainnya.

Check Also

Fakultas Kedokteran Unhas Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Mewakili Indonesia Dalam General Meeting CALOHEA Bangkok

  Acara general meeting ini berlangsung pada 21 – 23 November 2022 di University of ...