Workshop Penyegaran Tutor Problem Based Learning, Instruktur Clinical Skill Lab, dan Strategi Active Learning oleh Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Senin-Selasa, 15-16 Agustus 2022 di Ruang 306 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Sehubungan dengan peningkatan kualitas pengajaran dan persiapan masuknya periode ajaran baru, Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-UNHAS) bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK) mengadakan Workshop yang bertujuan meningkatkan kualitas Problem Based Learning (PBL), Clinical Skill Lab (CSL), dan Strategi Active Learning.

Acara diawali dengan sambutan serta pembukaan acara oleh dr. Agussalim Bukhari, M.Clin, Med, Ph.D, Sp.GK (K) selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Riset & Pengembangan. Dalam sambutannya menjelaskan tutorial serta keterampilan klinis memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Active learning dapat menjadi pilihan strategi dalam proses pembelajaran yang lebih efektif bagi mahasiswa. Fokus pembahasan pada hari pertama adalah mengumpulkan berbagai masalah yang sering kali dijumpai saat proses PBL dan CSL, brainstorming dan pembahasan bersama dalam menentukan solusi yang terbaik mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Menampung berbagai inovasi metode yang efektif untuk meningkatkan kualitas proses PBL dan CSL. Dilakukan simulasi Praktik Tutor PBL dan Instruktur CSL bertujuan sebagai penyegaran akan peran dosen dalam proses pembelajaran.

Workshop hari kedua mengenai pengenalan beberapa strategi pembelajaran dalam Active Learning yang dapat diaplikasikan pada kegiatan belajar mengajar. Diawali dengan pembagian kelompok, membahas 4 strategi Active Learning yakni Mini-TBL, Think-Pair-Share, Jigsaw Method, dan Fishbowl Method. Peserta diberikan waktu untuk memahami setiap strategi hingga dapat efektif diaplikasikan sesuai karakteristik kelas di Prodi Sarjana Kedokteran FK-UNHAS.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan penyegaran serta pilihan strategi pembelajaran active learning yang efektif kepada dosen untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di Fakultas Kedokteran” Ungkap dr. Asty Amalia Nurhadi, M.Med.Ed selaku PIC kegiatan Workshop. Workshop ini turut dihadiri oleh Ketua Prodi Sarjana Kedokteran dr. Ririn Nislawati, M.Kes, Sp.M, Sekretaris Prodi Sarjana Kedokteran dr. Fathulrachman, M.MedSc, Dr. dr. Isharyah Sunarno, Sp.OG(K) selaku fasilitator, perwakilan dari seluruh departemen serta dosen prodi yang terlibat dalam Prodi Sarjana Kedokteran FK-UNHAS.

Check Also

Fakultas Kedokteran Unhas Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Mewakili Indonesia Dalam General Meeting CALOHEA Bangkok

  Acara general meeting ini berlangsung pada 21 – 23 November 2022 di University of ...