1 May 2024

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FKUH) telah menyelenggarakan Pelatihan Dasar Etik Penelitian Kesehatan dan Good Clinical Practice (GCP) di Ruang Pertemuan Student Center FKUH. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, dimulai pada tanggal 15 hingga 16 September 2023.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Ketua Komite Etik Penelitian Kesehatan FKUH, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK yang berharap bahwa pelatihan ini akan menghasilkan peneliti yang etis dan mematuhi aturan dalam pengumpulan data, baik itu melalui observasi langsung maupun penelitian literatur, serta menghindari praktik plagiat. Prof. Nasrum juga membahas tentang pengantar Etik Penelitian Kesehatan dan Komite Etik Penelitian Kesehatan dalam sambutannya. “Harapannya pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas peneliti yang etis serta mematuhi segala aturan dalam seluruh proses penelitian”, jelas Prof. Nasrum

Acara yang dilaksanakan selama 2 hari ini membahas berbagai topik etik, meliputi etika penelitian epidemiologi, penelitian herbal, penelitian uji klinik pada manusia, penggunaan hewan percobaan, penelitian genetika, penelitian kerjasama, Good Clinical Practice (GCP), audit dalam uji klinik, ketidakjujuran dalam uji klinik, peran dan tanggung jawab peneliti dan lain sebagainya. Acara ini mendatangkan pemateri-pemateri luar biasa dan telah berpengalaman di bidangnya, antara lain:

  1. Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SP.PD-KGH, Sp.GK, FINASIM
  2. dr. Agussalim Bukhari, M.Clin, Med, Ph.D, Sp.GK(K)
  3. dr. Firdaus Hamid, Ph.D, Sp.MK
  4. Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin,.M.KM
  5. dr. Andi Muh.Ichsan, Ph.D, Sp.M(K)
  6. dr. Uleng Bahrun, Ph.D, Sp.PK(K)
  7. Prof. Dr. drh. Ratmawati Malaka, M.Sc
  8. Dr. dr. Berti Julian Nelwan, DFM, Sp.F, M.Kes, Sp.PA(K)
  9. Dr. dr. Ema Alasiry, Sp.A (K)
  10. Dr. dr. Maisuri T. Chalid, Sp.OG (K)
  11. Prof. Dr. dr. Prihantono, M.Kes. Sp.B(K)Onk
  12. Dr. dr. Irawaty Djaharuddin. Sp.P(K), FISR, MHPE

Pelatihan ini dihadiri oleh lebih dari 135 peserta dari berbagai program studi dokter spesialis (PPDS) dan mahasiswa program pascasarjana. Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa penelitian kesehatan yang dilakukan di FKUH selalu mematuhi etika penelitian yang tinggi dan prinsip-prinsip GCP.