24 July 2024

Peningkatan Kemampuan Konselor Personel Satuan Brimob (Sat Brimob) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) dilaksanakan pada 11 – 12 Desember 2023 di Aula Lumentut Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel. Polda Sulsel menjadi saksi pelaksanaan kegiatan “Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan kemampuan konseling para perwira di jajaran Sat Brimob.

Tamu yang hadir antara lain Ketua Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK UNHAS), Dr. Ichlas Nanang Afandi, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog, dan Kabag Psikologi Biro SDM Polda Sulsel, Kompol Udin Yulianto, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog. Peserta kegiatan ini terdiri dari Komandan Kompi dan Komandan Peleton Sat Brimob Polda Sulsel.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Polda Sulsel dan Prodi Psikologi FK Unhas sebagai upaya persiapan menghadapi Pemilihan Umum 2024. Pelaksanaan kegiatan ini dipandu oleh empat pemateri berpengalaman di bidangnya, yaitu Istiana Tajuddin, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Umniyah Saleh, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Grestin Sandy, S.Psi., M.Psi., Psikolog, dan A. Juwita Amal, S.Psi., M.Psi.

Dalam kegiatan tersebut, peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai teknik-teknik konseling yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai personel Sat Brimob. Hari pertama kegiatan melibatkan pemberian materi, sementara hari kedua dilakukan sesi role play di antara peserta untuk mengaplikasikan langsung konsep-konsep yang telah dipelajari.

Dr. Ichlas Nanang Afandi selaku Kaprodi Psikologi FK UNHAS, dalam tanggapannya menyatakan, “Kegiatan ini bukan hanya sebagai persiapan untuk Pemilihan Umum 2024, tetapi juga sebagai wujud komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan konseling di tengah-tengah personel Sat Brimob.”

Polda Sulsel dan Psikologi FK UNHAS berharap bahwa peningkatan kemampuan konselor ini akan memberikan dampak positif dalam mendukung kesejahteraan dan kinerja personel Sat Brimob Polda Sulsel.