5 May 2024

Sekelompok mahasiswa dari Universitas Tasmania, Australia (UTAS) melaksanakan kunjungan ke Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK UNHAS) pada 15 Januari 2024 dan disambut langsung oleh Dr. dr. Rina Masadah, M.Phil DFM., Sp.PA(K) selaku Wakil Dekan bidang Publikasi, Pengabdian dan Urusan Internasional (Wakil Dekan 4) FK UNHAS di ruang LT 5 FK UNHAS. Kedatangan mahasiswa-mahasiswa ini merupakan bagian dari program Inbound/Mobility Student dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) UNHAS yang bertujuan untuk memperluas pemahaman mahasiswa khususnya di bidang kesehatan dan sebagai bentuk kerja sama yang kuat antara UTAS dan UNHAS.

Dr. dr. Rina Masadah menyambut baik kedatangan mahasiswa dari UTAS dan memberi gambaran singkat mengenai FK UNHAS serta menjelaskan sarana dan fasilitas yang tersedia di FK UNHAS. “Kami sangat senang melihat semangat belajar dan semangat kolaborasi dari mahasiswa-mahasiswa ini. Pertukaran pelajar semacam ini bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang pertukaran budaya dan pengalaman,” jelasnya.

Sebanyak 17 mahasiswa UTAS diajak berkeliling mengunjungi beberapa fasilitas yang ada di FK UNHAS, yaitu Laboratorium Anatomi dan Animal Lab. Dalam kegiatan ini, mahasiswa UTAS didampingi oleh beberapa dosen pendamping, diantaranya dr. Muhammad Azron Junaedi, M.Biomed. dan dr. Fourenty Kusuma (FK UNHAS), serta Dr. Widyastuti Umar dan Jamaluddin Fitrah Alam, Ph.D. (Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, UNHAS).

Dengan semangat kolaborasi dan semangat pembelajaran yang tinggi, harapannya program pertukaran pelajar ini akan terus menjadi landasan bagi kerja sama pendidikan yang lebih erat antara UTAS dan UNHAS di masa depan.